Minggu, 18 Maret 2012

Pengalaman Menjadi Mahasiswa Baru


Pertama kali saya masuk Universitas Esa Unggul (ESGUL) ini melalui jalur Ujian masuk yang diadakan oleh pihak kampus Universitas Esa Unggul di sekolah saya waktu SMA, sempat saya kecewa dan sedih karena saya telah gagal masuk jalur undangan yang menggunakan system nilai raport dan UN, bukan gagal sih mungkin karena pilihan jurusan yang saya masukan waktu itu salah dan saya mendapatkan jurusan yang kurang begitu saya sukai. Tapi saya tetap bersyukur ternyata saya masih bisa masuk perguruan tinggi yang saya idamkan ini walaupun saya gagal mendapatkan jurusan yang saya inginkan di Universitas Negri. Orang tua saya sangat bangga sekali ternyata anaknya bisa masuk Universitas Esa Unggul mengingat untuk masuk Universitas Esa Unggul (ESGUL) ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan tapi butuh perjuangan yang begitu keras mengingat persaingan yang begitu banyak dan ketat dan daya tampung yang terbatas.

Waktu terus berlalu, sampai akhirnya saya  mengikuti upacara penerimaan mahasiswa baru setelah saya menyelesaikan program Sesemster Pendek Awal (SPA) ini selama ± 3 bulan untuk mengejar target lulus kuliah 3-3,5tahun. Sebenarnya upacara propti ini dari pihak kampus disebutnya “pesta” atau “Welcoming Days to Esgul” yang diadakan di aula kampus dan dihalaman kampus dalam proses penerimaan mahasiswa baru dan yang merupakan syarat untuk menjadi mahasiswa baru Universitas Esa Unggul. Setelah selesai upacara propti/pesta yang berlangsung 3 hari yang di dalamnya terdapat  pengenalan seluk beluk ESGUL, Rektor beserta jajarannya, dan UKM-UKM yang ada di kampus emas ini. Tidak terasa 3 hari sudah saya lewati, sempat saya berpikir dan banyak begitu pertanyaan yang dibenak saya tentang fakultas, proses pembelajaran, teman-teman, serta dosen yang akan mengajarkan saya nanti. Tapi saya tidak menghiraukan pertanyaan yang ada dibenak saya. Setelah selesai upacara propti/pesta yang berlangsung, saya mengikuti propti tingkat universitas maupun fakultas. Propti tingkat fakultas yang saya ikuti adalah inagurasi dan makrab (malam keakraban). Pengalaman yang saya dapatkan dari propti tingkat fakultas ini adalah saya bisa berkenalan dengan teman dari jurusan lain dan bisa memperbanyak wawasan tentang fakultas ilmu-ilmu kesehatan (FIKES) 

Tak terasa lama saya berkenalan dengan teman-teman baru dan akhirnya saya mengikuti salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di tingkat universitas yaitu UKM PMI. Motivasi saya masuk PMI ini, saya bisa belajar tentang bagaimna cara menolong orang pada tingkatan awal dan cara penangulinginya secara benar dan memperbanyak teman serta pengalaman dalam suatu kegiatan. Tetapi saya hanya sekedar mendaftar saja setiap ada pemberitahuan untuk latihan di kampus, saya seringkali tidak menghadirinya. Bahkan mungkin tidak sama sekali kalau dihitung-hitung daftar keabsenannya.

Alhamdulilah waktu demi waktu terus berlalu tanpa terasa saya sudah menjadi mahasiswa Universitas Esa Unggul secara resmi. Saya akan berusaha menjadi mahasiswa yang berguna bagi bangsa dan negara serta membantu dalam proses pembangunan nasional. Target saya dalam perkuliahan ini, yaitu menjadi mahasiswa terbaik dan mencapai IPK semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan saya. Mudah-mudahan apa yang saya inginkan bisa tercapai dengan sempurna.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar