Rabu, 22 Agustus 2012

Catatan Perjalanan: Pendakian Gunung Lawu

Jika ingin melakukan pendakian gunung yang ringan dengan pemandangan yang indah. Silahkan mencoba mendaki gunung lawu.
Sebenarnya pendakian gunung lawu inibaru yang pertamkali saya dan keluarga saya lakukan . Namun kali ini saya update hasil perjalanan saya ke gunung Lawu agar ada kesan tertulis yang tertinggal . Sudah dari lama saya ingin mendaki dan menikmati pemandangan dari gunung.

Gunung Lawu merupakan gunung yang paling dekat dengan daerah orang tua saya khususnya mamah saya di Solo. Gunung  ini terletak diperbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Yang berada di kabupaten Karanganyar dan Magetan. Gunung Lawu ini memiliki ketinggian 3.265 M dari permukaan air laut. Saya ke sana bersama keluarga dan beberapa personal dari #gengapapun yang suka jalan-jalan.

Rute pendakian lawu semoro sewu-cemoro kandang

Kita melakukan pendakian berangkat dari kampus UNS jam 10 Pagi. Dengan menumpang bus Solo-Tawangmangu turun di pemberhentian terakhir sampai Sebelas siang. Kemudian untuk menuju ke Cemoro Sewu pintu masuk pendakian maka kita harus naik angkutan kecil namanya omprengan  sejenis mobil L300. Baru sampai Cemoro Sewu pukul 11.30.
Rencana kita mendaki mendaki dengan rute naik melalui Cemoro Sewu dan turun dari Puncak Lawu melalui cemoro Kandang.Pendakian melalui Cemoro Sewu memiliki 5 pos. Cemoro sewu berada pada ketinggian 1805 dari permukaan laut. Padahal puncak lawu berada di ketinggian 3.265 dari permukaan air laut.
perjalanan indah di gunung lawu

Rencana kita akan mendaki mulai Jam dua siang. Melakukan pendakian santai dengan lebih banyak ngemil jajanan dan banyak istirahatnya. Namun kita harus target untuk ngecampnya berada di sendang Drajat habis pos 5 untuk membuat camp. Namun karena pada malas dan pengen santai akhirnya nginepnya di Sendang drajat di warung mbok Yem dekat puncak lawu dengan fasilitas listrik, didalam rumah, nonton TV, tinggal beli makan dan minum dengan gampang   . Kita melakukan pendakian jam dua siang baru sampai Ngecamp sekitar jam delapan malam.
Pendakian Gunung Lawu

Paginya Shubuh yang begitu dingin sekitar jam 5 kita bersiap siap untuk melakukan perjalanan ke puncak gunung Lawu yang tertinggi yaitu Puncaknya bernama Hargo Dumilah. Jarak yang ditempuh dari tempat kita membuat camp yaitu sekitar 30 Menit dengan medan yang terjal.

Untuk melihat pemandangan yang bagus dari puncak sebaiknya mendaki antara sunrise hingga hampir sebelum jam 9 pagi, sebelum kabut datang. Cuaca sangat berubah-ubah. Jadi melihat sunrise dengan keindahan pemandangan yang ada itu merupakan sebuah keberuntungan.

Puncak gunung lawu tugu hargo dumilah
Hingga akhirnya saya kami tiba di puncak gunung Lawu dan disana sudah ada tandanya sebai puncak dari gunung Lawu
perjalanan turun ke puncak gunung lawu

Selang sejam berada di puncak kita melanjutkan perjalanan turun. Tidak lupa masak mie rebus dan minuman hangat di puncak. Kita turun melalui cemoro kandang. dengan tujuan turun dengan santai dan tidak melalui jalan yang terjal. walaupun melalui cemoro kandang jarak yang ditempuh semakin jauh. Hampir 5 jam kita melakukan perjalanan turun dari puncak. Begitu turun sudah ada transportasi yang membawa sampai pasar tawangmangu. alternatif kendaraan lain yaitu kita bisa menyewa mobil angkut untuk membawa kita sampai solo langsung dengan kapasitas 12 orang. Lumayan murah.
Kiri-kanan : Saya, Mamah, Ayah dan mas Anto

Demikian pengalaman pertama saya untuk pendakian gunung, sangant mengasikan dan seru..