Senin, 27 Agustus 2012

Melakukan perbaikan periferal pada FAN


Kipas atau fan merupakan salah satu komponen di dalam casing komputer yang memiliki fungsi cukup vital. Walaupun demikian banyak yang kurang peduli dengan perawatan komponen yang satu ini. Putaran yang tinggi saat beroperasi menyebabkan pelumas poros kipas semakin menipis dan akhirnya habis. Akibatnya putaran melemah dan dapat meyebabkan kipas tidak berputar sama sekali. Akan sangat fatal kalau yang gagal beroperasi adalah kipas dari heatsink-nya prosesor. Sistem komputer yang memiliki sensor temperatur akan membuat komputer shutdown secara otomatis, tetapi untuk sistem yang tidak memiliki sensor temperatur akan menyebabkan komputer menjadi overheating dan hang. Untuk mengatasi kipas yang putarannya rendah atau macet, langkah ini juga dapat digunakan untuk perawatan :

1. Lepaskan kipas dari heatsink
2. Bersihkan debu yang melekat
3. Lepaskan stiker pada punggung kipas
4. Teteskan pelumas secukupnya (1-2 tetes), pastikan tidak ada yang menetes keluar
5. Gerakan kipas dengan tangan sampai terasa lancar
6. Pasang kembali kipas pada heatsink.

Kipas yang kondisinya baik, saat akan berhenti dari putaran akan terlihat sedikit bergerak ke arah yang berlawanan dengan putaran. Untuk pelumasan dapat digunakan pelumas dengan kekentalan rendah, bisa juga menggunakan minyak sayur.
semoga artikel ini bermanfaat untuk anda,terima kasih.

Melakukan perbaikan periferal pada FAN

Perbedaan FAT dan NTFS


Windows xp mempunyai 3 macam system diantaranya adalah:
1.FAT16
2.FAT 32
3.NTFS

•FAT16
FAT16 dikenalkan oleh MS-DOS tahun 1981. Awalnya, Sistim ini didesign untuk mengatur file di floopy drive (disket), sekarang tidak perlu anda pakai disket, FAT16 mengalami beberapa kali perubahan sehingga digunakan untuk mengatur file di harddisk. Keuntungan FAT16 adalah file system ini kompatibel hampir di semua Operating System baik itu WIndows 95/98/me, OS/2 , Linux dan bahkan Unix. Namun dibalik itu masalah paling besar dari FAT16 adalah mempunyai kapasitas tetap jumlah cluster dalam partisi , jadi semakin besar harddisk maka ukuran cluster akan semakin besar, artinya file sekecil apapun tetap akan memakan 16Kb dari harddisk. Hal buruk lain adalah FAT16 tidak mendukung kompresi , enkripsi dan kontrol akses dalam partisi.

•FAT32
FAT32 mulai di kenal pada sistim Windows 95 SP2, dan merupakan pengembangan lebih dari FAT16. FAT32 menawarkan kemampuan menampung jumlat cluster yang lebih besar dalam partisi. Selain itu juga mengembangkan kemampuan harddisk menjadi lebih baik dibanding FAT16. Namun FAT32 memiliki kelemahan yang tidak di miliki FAT16 yaitu terbatasnya Operating System yang bisa mengenal FAT32. Tidak seperti FAT16 yang bisa di kenal oleh hampir semua Operating System, namun itu bukan masalah apabila kalian menjalankan FAT32 di Windows Xp karena Windows Xp tidak perlu file sistim apa yang di gunakan pada partisi.

•NTFS
NTFS di kenalkan pertama pada Windows NT dan merupakan file system yang benar benar berbeda di banding teknologi FAT. NTFS menawarkan security yang jauh lebih baik , kompresi file , cluster dan bahkan support enkripsi data.
Pada Umumnya NTFS tidak kompatibel dengan Operating System lain yang terinstall di komputer yang sama (Double OS) bahkan juga tidak terdetek apabila kalian melakukan StartUp Boot menggunakan floopy. Untuk itu sangat disarankan kepada kalian untuk menyediakan partisi yang kecil saja yang menggunakan file system FAT di awal partisi. Partisi ini dapat kalian gunakan untuk menyimpan Recovery Tool apabila mendapat masalah. Namun dengan teknologi Windows Xp sekarang yang mempunyai Recovery Tool sendiri , Saya rasa itu tidak begitu penting karena kemampuan Recovery Tool dari Windows Xp sudah cukup bagus.

•NTFS Vs FAT
Jika kalian menjalankan lebih dari 1 Operating System di pc kalian , kalian mungkin perlu menyediakan partisi untuk FAT. kalian bisa memasukkan file / program ke partisi tersebut karena FAT bisa di akses oleh Operating System apapun di harddisk kalian. Tapi perlu di ingat, FAT tidak mempunyai security dalam data dan semua Operating System yang terinstall memiliki akses 100% kepada partisi yang menggunakan FAT (read,write,delete,execute). Dalam kasus lain bahkan bisa dilakukan antar jaringan apabila terkoneksi jadi jangan menyimpan file penting dalam FAT System.
Kesimpulannya, FAT system digunakan apabila kalian mau menggunakan 2 atau lebih Operating System tertanam dalam komputer kalian, sedangkan NTFS hanya spesialis untuk Windows Operating System. 

Rabu, 22 Agustus 2012

Catatan Perjalanan: Pendakian Gunung Lawu


Jika ingin melakukan pendakian gunung yang ringan dengan pemandangan yang indah. Silahkan mencoba mendaki gunung lawu.
Sebenarnya pendakian gunung lawu inibaru yang pertamkali saya dan keluarga saya lakukan . Namun kali ini saya update hasil perjalanan saya ke gunung Lawu agar ada kesan tertulis yang tertinggal . Sudah dari lama saya ingin mendaki dan menikmati pemandangan dari gunung.

Gunung Lawu merupakan gunung yang paling dekat dengan daerah orang tua saya khususnya mamah saya di Solo. Gunung  ini terletak diperbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Yang berada di kabupaten Karanganyar dan Magetan. Gunung Lawu ini memiliki ketinggian 3.265 M dari permukaan air laut. Saya ke sana bersama keluarga dan beberapa personal dari #gengapapun yang suka jalan-jalan.

Rute pendakian lawu semoro sewu-cemoro kandang


Kita melakukan pendakian berangkat dari kampus UNS jam 10 Pagi. Dengan menumpang bus Solo-Tawangmangu turun di pemberhentian terakhir sampai Sebelas siang. Kemudian untuk menuju ke Cemoro Sewu pintu masuk pendakian maka kita harus naik angkutan kecil namanya omprengan  sejenis mobil L300. Baru sampai Cemoro Sewu pukul 11.30.
Rencana kita mendaki mendaki dengan rute naik melalui Cemoro Sewu dan turun dari Puncak Lawu melalui cemoro Kandang.Pendakian melalui Cemoro Sewu memiliki 5 pos. Cemoro sewu berada pada ketinggian 1805 dari permukaan laut. Padahal puncak lawu berada di ketinggian 3.265 dari permukaan air laut.
perjalanan indah di gunung lawu

 Rencana kita akan mendaki mulai Jam dua siang. Melakukan pendakian santai dengan lebih banyak ngemil jajanan dan banyak istirahatnya. Namun kita harus target untuk ngecampnya berada di sendang Drajat habis pos 5 untuk membuat camp. Namun karena pada malas dan pengen santai akhirnya nginepnya di Sendang drajat di warung mbok Yem dekat puncak lawu dengan fasilitas listrik, didalam rumah, nonton TV, tinggal beli makan dan minum dengan gampang   . Kita melakukan pendakian jam dua siang baru sampai Ngecamp sekitar jam delapan malam.
Pendakian Gunung Lawu

Paginya Shubuh yang begitu dingin sekitar jam 5 kita bersiap siap untuk melakukan perjalanan ke puncak gunung Lawu yang tertinggi yaitu Puncaknya bernama Hargo Dumilah. Jarak yang ditempuh dari tempat kita membuat camp yaitu sekitar 30 Menit dengan medan yang terjal.

Untuk melihat pemandangan yang bagus dari puncak sebaiknya mendaki antara sunrise hingga hampir sebelum jam 9 pagi, sebelum kabut datang. Cuaca sangat berubah-ubah. Jadi melihat sunrise dengan keindahan pemandangan yang ada itu merupakan sebuah keberuntungan.

Puncak gunung lawu tugu hargo dumilah
Hingga akhirnya saya kami tiba di puncak gunung Lawu dan disana sudah ada tandanya sebai puncak dari gunung Lawu
perjalanan turun ke puncak gunung lawu

Selang sejam berada di puncak kita melanjutkan perjalanan turun. Tidak lupa masak mie rebus dan minuman hangat di puncak. Kita turun melalui cemoro kandang. dengan tujuan turun dengan santai dan tidak melalui jalan yang terjal. walaupun melalui cemoro kandang jarak yang ditempuh semakin jauh. Hampir 5 jam kita melakukan perjalanan turun dari puncak. Begitu turun sudah ada transportasi yang membawa sampai pasar tawangmangu. alternatif kendaraan lain yaitu kita bisa menyewa mobil angkut untuk membawa kita sampai solo langsung dengan kapasitas 12 orang. Lumayan murah.
Kiri-kanan : Saya, Mamah, Ayah dan mas Anto

Demikian pengalaman pertama saya untuk pendakian gunung, sangant mengasikan dan seru..
Terimkasih.

Kamis, 16 Agustus 2012

SMS Cinta Romantis

Kumpulan SMS Cinta Romantis buat pacar....

* Pada pagi yang masih basah, aku mendengar suaramu mengapung di udara. Mengucap salam hangat untuk bumi. Mimpi apa tadi malam?

* Udara pagi yang cerah dan segar selalu kuhirup dalam-dalam. Seperti kuhirup wangi tubuhmu ketika bangun dari tidur. Selamat pagi, cinta..

* Selamat pagi, matahariku. Kau menyambut pagiku dengan tetesan embun bagaikan nyanyian merdu, membasahi dedaunan dan aneka bunga, mencipta lukisan keindahan yang sesungguhnya.

* Ke mana dunia berpihak pagi ini? Tak ada kabar yang kuterima selain bisikmu yang kutemui pada sisa mimpi tadi malam. Apa kabarmu pagi ini, sayang?

* Langit membuka tabirnya, menyapa mentariku yang cantik pagi ini. Dear, nanti pergi kuliah bareng ya

* Sunset di sini bagus, lho. Tapi gag seindah kalau kamu ada di sini bersamaku

* Pagi yang cerah! Tapi hatiku gag ikut-ikutan cerah. Habis gag ada kamu, sih

* Aku yakin lho udah packing semua barang yang aku perluin. Tapi ternyata, I miss one thing. And it's you!

* GaG tau kenapa hari ini aku ngeliat semua orang mirip sama kamu

* ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTVWXYZ
What do I miss here?
I miss 'U'

* Aku di sini, kau di sana. Kau gag ada, aku meranaa

* Mau tau hobi baruku selama liburan ini? Ngangenin kamu

* Ibu tiri makan duku. Aku pergi dan rindu kamu

* Without you, days are like:
Moanday, Tearsday, Wasteday, Thirstday, Frightday, Shattereday, & Sadday
So, send me SMS everyday!

* Burung nuri, burung tekukur. I miss you honey, selamat tidur


LEBAY yah hehehe.. gpp dikit demi CINTA

My Motorcycle nd My Friendt hehehe...












































Perbedaan lampu Bohlam Motor antara : Philips, Osram, Mokuni, AutoVision dll


Allu Bro saya punya sedikit pengalaman nih mengenai sistem penerangan (Headlight). Berawal ketika saya ingin mendapatkan penerangan lebih dari lampu standar dengan menggantinya ke produk aftermarket. Pada awalnya saya mengira bahwa hanya dengan membeli salah satu produk aftermarket (Halogen) saja, semua akan berjalan sesuai harapan dan bakal tidak ada kendala. Tapi ternyata semua tidak seperti yang diharapkan sehingga saya menganti dengan merek lain, tapi lagi-lagi ada saja masalah yang timbul sampai akhirnya saya memilih untuk menggunakan beberapa buah lampu aftermarket, sebagai alternatif so bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Nah berbekal pengalaman ganti2 lampu, saya jadi ingin berbagi dengan rekan2 biker lain yang ingin ganti lampu seperti saya. Berikut ini adalah hasil test dari beberapa lampu yang pernah saya coba :

1. Philips Blue Vision
http://gilamotor.com/forums/attachment.php?attachmentid=29&stc=1&d=1280939862

ini gambar untuk lampu Thunder 125( sebagai ilustrasi)
Warna Kaca : Warna biru 20%
Daya : 35W/35W 12 Volt
Gas : Halogen
Harga : Rp. 35-55 ribu

Kelebihan:
• Warna yang keluar lebih putih dari standard, walaupun warna yang keluar putih, lampu ini masih aman digunakan pada saat hujan, karena warna yang keluar masih memilliki spektrum kekuningan yang bisa menembus hujan dan kabut dan tidak biru seperti bulb Biru kebanyakan, mungkin karena kepekatannya hanya sekitar 15% dibanding kebanyakan lampu dengan kaca biru lainnya ( ± 40%).
• instalasi mudah.
• titik fokus sama dengan standard.

Kekurangan:
• Jika hujan masih kalah dengan standard, karena lebih putih. Tapi masih kelihatan, karena masih ada warna kekuningan.
• perbedaan jarak lampu dekat dan jauh, terlalu

2. Philips Bening
Warna Kaca : Bening
Daya : 35W/35W 12 Volt
Gas : Halogen
Harga : Rp. 20-25 ribu


Kelebihan:
• instalasi mudah.
• Warna yang keluar lebih terang dari standard.

Kekurangan:
• perbedaan jarak lampu dekat dan jauh, terlalu pendek.

3. Mokini Biru
Warna Kaca : Biru 40%
Daya : 35W/35W 12 Volt
Gas : Halogen
Harga : Rp. 15-20 ribu

Kelebihan:
• Warna yang keluar putih kebiruan seperti lampu Xenon.

Kekurangan:
• pancaran cahaya masih kalah dibanding standar.
• Jika hujan cahaya malah cenderung hilang.

4. Mokini Kuning ( Cabe ) seperti lampu Wurth yellow Below
Warna Kaca : Kuning Pelangi
Daya : 35W/35W 12 Volt
Gas : Halogen
Harga : Rp. 15-25 ribu

Kelebihan:
• Cahaya yang keluar berwarna kuning keputihan. Cocok untuk kondisi hujan dan kabut.

Kekurangan:
• untuk kondisi kering masih sedikit kalah dengan lampu standard.

5. AutoVision Kuning
http://gilamotor.com/forums/attachment.php?attachmentid=30&stc=1&d=1280940160

Warna Kaca : Kuning Pelangi
Daya : 35W/35W 12 Volt
Gas : Halogen
Harga : Rp. 25 ribu

Kelebihan:
• warna yg keluar kuning keputihan.
• lampu jauh lebih fokus dan terang, cocok untuk kondisi hujan, jarak lampu dekat dan jauh cukup ideal.

Kekurangan:
lampu dekat lebih menyebar ( kurang fokus ) sehingga kurang terang, mungkin karena bentuk filamen seperti bulb H4 (biasa digunakan di mobil), jadi kurang cocok untuk bentuk reflektor supra fit, sehingga perlu sedikit penyesuaian pada dudukan lampu agar lebih fokus.

6.AutoVision Biru
http://gilamotor.com/forums/attachment.php?attachmentid=31&stc=1&d=1280940222

Warna Kaca : Biru
Daya : 35W/35W 12 Volt
Gas : Halogen
Harga : Rp. 25 ribu

Kelebihan:
• warna yg keluar putih seperti Xenon.
• lampu jauh lebih fokus dan terang.

Kekurangan:
• lampu dekat terlalu menyebar ( kurang fokus ) sehingga kurang terang, mungkin karena bentuk filamen seperti bulb H4 (biasa digunakan di mobil), jadi kurang cocok untuk bentuk reflektor supra fit, sehingga perlu sedikit penyesuaian pada dudukan lampu agar lebih fokus.

7. Xenon Platinum Kuning (Iseki)

Warna Kaca : kuning
Daya : 35W/35W 12 Volt
Gas : Halogen
Harga : Rp. 15 ribu

Kelebihan:
• warna yg keluar kuning keputihan.
• lampu dekat lebih fokus dan terang, pas untuk kondisi hujan.

Kekurangan:
• lampu jauh terlalu menyebar, sehingga kurang terang karena bentuk filamen membentuk setengah lingkaran, bukannya segaris seperti filamen lampu standar.

8. Osram Bening
http://gilamotor.com/forums/attachment.php?attachmentid=32&stc=1&d=1280940291

Warna Kaca : Bening
Daya : 35W/35W 12 Volt
Gas : Halogen
Harga : Rp. 12 ribu

Kelebihan:
• Cahaya yang keluar lebih terang fokus seperti standar.

Kekurangan:
• perbedaan jarak lampu dekat dan jauh terlalu dekat.

9. Osram kuning ( Allseason super)
http://gilamotor.com/forums/attachment.php?attachmentid=33&stc=1&d=1280940375
Warna Kaca : Kuning emas
Daya : 35W/35W 12 Volt
Gas : Halogen
Harga : Rp. 31 ribuan

Kelebihan:
• Cahaya yang keluar lebih terang fokus seperti standar.
• Cocok untuk kondisi hujan dan kabut

Kekurangan:
Masih kalah terang di banding lampu standard
perbedaan jarak lampu dekat dan jauh terlalu dekat.
Instalasi harus membalik soket jauh dekat

10. Osram Bening ( Silverstar )
http://gilamotor.com/forums/attachment.php?attachmentid=34&stc=1&d=1280940425
Warna Kaca : Bening
Daya : 35W/35W 12 Volt
Gas : Halogen
Harga : Rp. 29 ribu

Kelebihan:
• Cahaya yang keluar lebih terang fokus seperti standar.
• Keluaran cahaya lebih putih dari standard

Kekurangan:
perbedaan jarak lampu dekat dan jauh terlalu dekat.
Instalasi harus membalik soket jauh dekat
perbedaan jarak lampu dekat dan jauh terlalu dekat.

11. Osram biru ( Cool blue)
http://gilamotor.com/forums/attachment.php?attachmentid=35&stc=1&d=1280940489

Warna Kaca : biru
Daya : 35W/35W 12 Volt
Gas : Halogen
Harga : Rp. 25 ribu

Kelebihan:
• Warna yang keluar lebih putih dari standard, walaupun warna yang keluar putih, lampu ini masih aman digunakan pada saat hujan, karena warna yang keluar masih memilliki spektrum kekuningan yang bisa menembus hujan dan kabut dan tidak biru seperti bulb Biru kebanyakan, mungkin karena kepekatannya hanya sekitar 15% dibanding kebanyakan lampu dengan kaca biru lainnya ( ± 40%).
• instalasi mudah.
• titik fokus sama dengan standard.

Kekurangan:
• Jika hujan masih kalah dengan standard, karena lebih putih. Tapi masih kelihatan, karena masih ada warna kekuningan.
• perbedaan jarak lampu dekat dan jauh, terlalu




Note: pengetesan dengan Honda New Supra Fit 2006 dengan sistem kelistrikan dan reflektor standar dengan penambahan Halogen Booster ( N9 )
http://gilamotor.com/forums/attachment.php?attachmentid=36&stc=1&d=1280940897
namun melepas lampu senja dan lampu stop ( diganti dengan LED ) dengan asumsi mendapat tambahan daya 3,4W dan 5 W karena rata2 lampu aftermarket berdaya 35w/35w 12v, sedangkan lampu standar berdaya 30w/30w 12v. tempat pengetesan di daerah Bogor dan Puncak dengan cuaca yang berbeda-beda “kondisi cerah, Hujan sedang, hujan lebat, bahkan kabut”.

Kesimpulan: Dari beberapa lampu yang telah saya gunakan, lampu dengan kaca berwarna biru memang kelihatannya lebih terang, karena keluaran cahayanya terlihat putih. Tapi ini justru menjadi kekurangan lampu dengan kaca berwarna biru, karena warna putih yang keluar cenderung hilang ketika digunakan pada saat hujan, dan silau bagi pengendara yang berlawanan arah, kecuali merek Phillips BlueVision dan Osram Cool Blue yang masih berwarna kekuningan. Lampu dengan kaca kuning cenderung cocok untuk kondisi hujan, kabut, dan wilayah yang dikelilingi pepohonan, seperti daerah puncak. Namun demikian masih sedikit kalah dibandingkan dengan lampu berkaca bening yang lebih bersahabat di dua kondisi cuaca, terlebih dalam kondisi kering. Tapi yang menjadi perhatian saya adalah tidak semua lampu memiliki titik fokus yang sama seperti standard. Sebagai contoh lampu AutoVision untuk lampu dekat, titik fokus lebih menyebar dibanding lampu standard, karena memiliki bentuk filamen yang berbeda dengan standar. Lampu ini lebih mirip lampu H4 yang sering digunakan pada mobil. Kekurangan lain yang saya tangkap adalah jarak fokus lampu dekat dan jauh pada kebanyakan lampu hampir tidak berbeda jauh (kurang lebih hanya sekitar 2-3 meter), ya menurut pendapat saya harusnya jarak antara lampu dekat dan lampu jauh itu harus lebih dari itu, karena fungsinya sudah jelas berbeda.

Demikian pengalaman saya mengenai lampu2 yang pernah saya gunakan, sebenarnya masih ada beberapa merek lampu lagi, seperti lampu merek Sparkle dan Wurth yang ingin saya coba, karena menurut informasi yang saya terima, kedua merek tsb diisi gas xenon yang konon bisa 60% lebih terang dibanding lampu standar. Tapi sayangnya kedua lampu tersebut belum sempat saya coba. Saya menyadari bahwa test-test yang saya lakukan tersebut hasilnya masih jauh dari sempurna dan bersifat relatif. Ini semua tidak luput dari keterbatasan saya sebagai manusia baik dari segi pengetahuan, peralatan maupun finansial. Saya harap Bro bisa bisa menyempurnakannya sebagai bahan informasi dan pertimbangan bagi para biker lain yang ingin mengganti lampu tunggangan mereka tanpa mengurangi nilai menyamanan, keamanan, dan keselamatan para bikers Indonesia.

Rabu, 15 Agustus 2012

Edan! Gadis-gadis Singapura Memang Tak Segan-segan Berpenampilan Sexy Kalau Ke Mall

Gadis-gadis Singapura Memang Tak Segan-segan Berpenampilan Sexy Kalau Ke Mall - Singapura adalah negara maju di Asia Tenggara. Negara ini amat kosmopolitan, karena penduduknya berasal dari berbagai bangsa di seluruh dunia.

Oleh karena kekosmopolitan itulah, tingkah laku para penduduknya terkadang ekstrim karena pengaruh budaya barat amat kental di Singapura. Ditambah lagi Singapura juga merupakan salah satu pusat mode di Asia, maka apa yang menjadi trend di dunia barat akan cepat diadaptasi di Singapura.

Seperti contohnya cara berbusana para wanita yang ditemui di salah satu pusat perbelanjaan terkenal disana.

blogger-botter.blogspot.com - Edan! Gadis-gadis Singapura Memang Tak Segan-segan Berpenampilan Sexy Kalau Ke Mall

blogger-botter.blogspot.com - Edan! Gadis-gadis Singapura Memang Tak Segan-segan Berpenampilan Sexy Kalau Ke Mall
Benar benar gila

Mari kita lihat dari dekat:
blogger-botter.blogspot.com - Edan! Gadis-gadis Singapura Memang Tak Segan-segan Berpenampilan Sexy Kalau Ke Mall

Kita jadi bertanya-tanya, dikemanakan otak para gadis ini?