Senin, 30 Juli 2012

Wisata Ke Singapore


Singapore atau orang Indonesia menyebutnya Singapura, merupakan Negara tetangga yang isinya hampir rata – rata wisatawannya berasal dari Indonesia (terutama karena Singapore sangat terkenal dengan wisata kesehatannya yang terkenal canggih dan ramai pasien terutama dari Surabaya). Oya, tak usah panjang lebarlah ya, karena tentang Singapore mungkin sudah ada banyak info yang anda tau. Disini saya hanya ingin berbagi pengalaman saya tentang Negara tersebut, sapa tau berguna. Maklum, saya lumayan paham dengan ni Negara, karena bisa dibilang dalam 2 – 3 bulan sekali saya bolak balik ke Singapore, dikarenakan ada seseorang yang berarti buat saya ada disana..^__^ cihuiiiiii
Inilah Sekilas tentang Singapore
Yang saya suka dari Negara tersebut adalah ketertiban dan kebersihannya. Kemanapun anda melangkah, bisa ada jaminan anda tak akan menemukan kawasan kumuh apalagi menjijikkan. Hm,… kecuali toilet di kawasan Chinatown heheheeee … so, lebih baik hindari bertoilet dikawasan pecinan ini. Tapi, saran saya, anda perlu loh untuk mampir kemari, karena barangnya murah murah … lumayan buat oleh oleh.
Kebersihan memang masuk dalam jaminan mutu, oke. Namun soal kemasyarakatan??? Ups, disini manusianya lebih pada lu lu gw gw. Bahasa yang dipakai, ada Inggris, Melayu dan China. Tapi bukan berarti mereka warga Singapore lantas menguasai ke 3 bahasa tersebut, karena jika anda berada dikawasana pecinan, banyak sekali warga yang hanya bisa berbahasa cina. Inggrisnya pun Singlish. Inggris berlogat melayu, seperti “Don’t understand laaah” dan beberapa kata pun terdengar aneh ditelinga, seperti, “Hok Ti” yang ternyata adalah “Hot Tea” dan “Sofinier” yang adalah “Souvenier”.
Variasi Harga Tiket Pesawat ke Singapore
Rata rata budget tiket 400-1jt untuk PP tergantung high season atau pesawat yang kita pilih. Untuk lebih lanjut, silahkan buka di www.yoursingapore.com (cari ke bagian akomodasi dan ada petunjuk untuk hotel/apartemen/losmen dan untuk pesawat). Namun, apabila suka dengan ala backpackeran silahkan membeli tiket di www.tigerairways.com (dijamin murah dan anda pasti akan kaget dengan harganya, walau terkadang lebih mahal daripada Lion ataupun pesawat lainnya) atau memilih JetStar. Di saat mendadak saja terkadang anda masih bisa mendapatkan tiket dengan harga 300.000 IDR.
Hm,… tapi terkadang Garuda Indonesia juga mempunyai diskon special bagi GFF atau pengguna kartu kredit. Jadi jangan ragu untuk melihat penerbangan kelas atas ini. Siapa tahu lagi beruntung dapat harga murah meriah.
Oya,… seperti biasa untuk penerbangan International dari Indonesia, semua pasti dikenakan airport tax senilai Rp. 150.000,- jadi jangan lupa untuk bawa rupiah ya. Tapi dari Singapore ke Indonesia biaya tersebut tidak ada. Untuk Fiskal sendiri, sekarang sudah bebas Fiskal untuk menuju ke Singapore… wowww… jadi betapa murahnya berlibur ke Singapore ya …
Inep mana ya di Singapore?
Sama seperti pesawat, anda bisa cek di www.yoursingapore.com. Namun yang menjadi langganan para orang Indonesia biasanya adalah Lucky Plaza Apartemen (di atas lucky plaza, kalau naik taksi kita katakan saja lucky plaza apartemen, apabila ada yang tidak tahu, silahkan anda katakan “Sebrang mount elizabet hospital”, biasanya apartement ini harus booking dari jauh hari seperti sebulan sebelumnya.
Ya,… karena banyak tamu yang datang untuk pemeriksaan rutin di rumah sakit, juga orang – orang Indonesia yang berlibur ramai ramai bersama keluarga atau teman. Apartemen ini dipilih karena harganya yang relative murah. Seingat saya, 1 kamar tanpa kamar mandi dalam rata – rata 70 – 80 sgd, untuk kamar mandi dalam 90 – 100 sgd (untuk double bed), dan kamar untuk 4-6 orang, kalau tidak salah 140 – 180 sgd. Untuk pemesanan di Lucky ini bisa langsung ke Mbak Noval +65 816 14956.
Untuk hotel hotel berbintang sendiri rata rata kamar termurah bertarif sekitar 800 ribu rupiah. Sedangkan hotel hotel murah disekitar chinatown seperti Royal Peacock atau Dragon Inns bekisar 400ribuan permalam. Tapi,… itu adalah harga jika anda memesan lewat Travel di Indonesia. Inilah tips untuk anda, jika anda memang ingin tidur di Hotel, sebaiknya anda memesan sewaktu masih di Indonesia pada agent travel. Karena harganya akan jauh lebih murah daripada anda langsung datang ke hotel yang bersangkutan. Diskonnya bisa mencapai 20 – 40 persen.
Tips Tempat Menginap di Singapore
Bila anda suka berkenalan dengan banyak orang asing saya anjurkan untuk tidur di losmen seperti footprint hotel. Tempatnya sangat nyaman, bersih dan mudah dijangkau juga aman. Namun bagi para wanita, saya juga sangat menyarankan untuk menghindari menginap di sekitaran daerah Geylang. Mengapa? Karena ini adalah tempat prostitusi yang keadaanya nyaris sama dengan Doli di Suranaya.
Jika matahari mulai tenggelam, disana akan berjajar para wanita dengan pakaian minim yang siap menghibur para pria kesepian. Jadi,… jangan sampai anda menjadi korban ‘ditawar’ hanya karena anda salah memilih tempat menginap. Oya, tapi sebetulnya lokasi seperti itu bukan cuma di daerah Geylang.
Di depan hotel JW Marriot pun banyak pria pria bule yang mencari wanita wanita penghibur (karena malam natal tahun lalu saya sempat ditawar, saat saya dan sepupu saya balik ke hotel saya di Grand Hyatt yang tidak jauh dari JW Marriot) berhati hatilah untuk para wanita yang diatas jam 10 malam belum kembali ke kamar.
Catatan kecil seputar kebutuhan di Penginapan
Bila anda tinggal di hotel atau losmen, nggak usah berat berat bawa hairdryer, karena biasanya sudah ada. Namun jika menginap di apartemen, ya sebaiknya membawa, Karena fasilitas tersebut tidak disediakan. Oya, kalau mau tempat menginapan yang lebih murah, bisa menginap di tempat asrama sekolah seperti di NUS, tapi jauh darimana – mana (karena ada di daerah bueno dan clementi). Namun, ini adalah tempat penginapan yang nyaman, bersih dan bahkan ada ruang makan dengan makanan yang cukup enak. Pengen tau lebih lengkap tentang NUS? bisa langsung masuk ke alamat ini :http://nus.edu.sg/osa/housing/guests/rates.html
Transportasi selama di Singapore
Di Singapore tidak terlalu susah untuk transportasi. Disana ada MRT, Taxi dan juga bus (rata – rata supir bus bisa berbahasa melayu jadi jangan takut untuk bertanya, turun di pemberhentian yang keberapa). Untuk MRT sendiri, saya anjurkan untuk membeli Ezlink di loket dan silahkan menunjukan passport anda. Harga ezlink sekitar 14 atau 15 sgd saya agak lupa.
Kegunaan ezlink selain lebih menghemat juga mempermudah anda tidak perlu mengisi ulang atau menukar kembali karena kartu ezlink berfungsi selama 4 tahun. Jadi jangan takut untuk rugi bila menggunakan ezlink, ya sapa tau balik lagi jadi dipakaikan..^__^
Untuk Taxi disana max penumpang 4 orang tidak boleh lebih karena banyak kamera cctv dan juga polisi, tapi itu untuk itungan adult (dewasa). Saya pernah ber 5 orang (3 anak kecil yang di bawah 15 tahun), saya bilang saja masih dibawah 12 tahun jadi dianggap anak – anak. Harus pintar berpura pura disini dan pasang muka melas saat memohonnya (saya juga gunakan trik ini kalau sedang ke tempat wisata, jadi hitungannya buat mengirit kroscek yang keluar, lumayan bisa buat belanja)
Sim card yang berlaku di Singapore
Singapore punya 3 operator yang saya ketahui yaitu Singtel, Starhub dan M1. Saya anjurkan untuk menggunakan singtel karena lebih murah daripada starhub, tapi starhub bagus bagi para pengguna BBers dan iphone. Bila keluarga anda dari Indonesia ingin menelepon murah dengan indosat gunakan kode 016 + no anda . Saya sering memakai fasilitas ini dengan papa saya.
Untuk pemakai Singtel yang saya tahu untuk tlp murah gunakan kode 019 + terus no tujuan. Untuk pemakai StarHub gunakan kode 018 lalu no tujuan. Sedangkan untuk M1 saya kurang tahu, karena saya tidak pernah menggunakannya..>_< Ada kartu telepon buat telepon murah ke Indonesia, Hello namanya. Monggo dicoba
Kawans ,… artikel saya belum selesai sampai disini loh, masih ada kelanjutan artikel tentang tips dan trik selama di Singapore :) tunggu yach

Tidak ada komentar:

Posting Komentar