Selasa, 10 Januari 2012

Alasan Saya Memilih Nama Pandora


Pernah dengar istilah “Kotak Pandora”? lnilah cerita aslinya. Pandora adalah perempuan yang punya rasa penasaran besar. Suatu hari ia menikah dengan Epimeteus. Sebagai kado pernikahan, Merkurius memberi kotak yang dapat membuat mereka hidup bahagia. Akan tetapi, mereka dilarang membuka kotak itu.
Meski dilarang, Pandora penasaran. Ia membuka sedikit penutup kotak dan mengintip isinya. Tiba-tiba keluar sekawanan serangga menyengat mereka. Sengatan mengandung racun kecemburuan, kebencian, ketakutan, dan kekejaman. Akibatnya, pasangan itu menjadi sering bertengkar.

Epimeteus menjadi pemarah dan Pandora sering menangis. Suatu hari, mereka mendengar suara lirih dari dalam kotak, “Keluarkan aku. Biarkan aku memulihkan luka-luka kalian.” Dengan takut-takut, mereka membuka kotak itu dan keluarlah kupu-kupu cantik. Kupu-kupu menyentuh pasangan itu dan terjadilah keajaiban. Luka-luka batin mereka disembuhkan. Mereka hidup bahagia kembali.

Dalam mitologi Yunani itu, kupu-kupu ini bernama “Pengharapan”. Pengharapan memberi kita alasan untuk tetap bertahan di tengah badai pencobaan. Pengharapan itu seperti jangkar yang tertancap kuat di dasar samudera. Sedahsyat apa pun badai, kita tidak akan terseret dan tersesat.
Jika keluarga Anda sedang diserang “sekawanan serangga beracun”, segera sentuhlah “kupu-kupu pengharapan” itu. la akan memberi kekuatan untuk mempertahankan keutuhan keluarga Anda.

Pustaka
My Blessed Family Oleh Purnawan Kristanto

itulah sebab saya memilih nama Imam-pandora pada blog ini..
karena saya memiliki rasa penasaran yang tinggi dan suka akan hal-hal baru yang belum pernah saya kuasi sebelumnya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar