Jumat, 20 Januari 2012

Mengapa Produk-Produk Kecantikan Kadang Tidak Efektif?

Ada dua orang wanita pergi ke mall dan membeli produk kecantikan yang sama. Mereka telah menggunakan produk ini dalam jangka waktu yang sama, mengikuti tips tips kecantikan yang sama, pola pemakaian kosmetik yang sama persis serta jadwal yang sama. Namun ketika kulit serta kecantikan wajah mereka dibandingkan, ternyata hasilnya berbeda pada kedua wanita tersebut. Salah satunya memiliki kulit cantik dan sehat sementara wanita yang lagi satu memiliki kulit yang sedikit berminyak, dengan flek-flek tipis dan kulitnya tidak kelihatan sehat. Kenapa efek produk itu tidak sama diantara keduanya?
Itulah permasalahan yang dihadapi hampir semua konsumen produk kecantikan di Indonesia. Jika satu orang cocok memakai produk tertentu, orang lain belum tentu cocok. Nah, mengapa kadang produk itu tidak efektif bagi beberapa orang?
Faktor utama penyebab ketidakefektivan ini adalah jenis kulit. Ini merupakan kambing hitam kegagalan sebuah produk, orang mengira mereka bisa mendapatkan hasil yang sama seperti model yang dalam iklan jika mereka menggunakan produk itu. Padahal mereka memiliki jenis kulit yang berbeda. Kelemahan inilah dimanfaatkan salon kecantikan untuk membuat produk yang disesuaikan dengan jenis kulit konsumen.
Semuanya berawal saat produk itu baru dalam tahap riset. Ahli kecantikan wajah pasti mencoba produk ini pada beberapa sample untuk melihat efektivitas produk. Sementara sample yang mereka pakai bisa berupa binatang ataupun orang asli, sample-sample itu pasti memiliki jenis kulit yang berbeda. Nah, ahli pasti akan memproduksi produk dengan komposisi serta kandungan yang disesuaikan dengan kulit sample mereka, sehingga efektivitas produk itu akan maksimal pada kulit sample.
Sementara para konsumen yang membeli produk mereka sudah pasti tidak memiliki jenis kulit yang sama, tingkat efektivitas produk sudah tentu juga akan berbeda. Sekalipun produk tersebut didiversifikasi untuk berbagai jenis kulit, entah berminyak ataupun kering, namun tingkat kekeringan kulit semua orang juga berbeda. Itulah sebabkanya kadang sebuah produk tidak efektif bagi kulit kita dan malah membuat kulit rusak.
Selain itu tidak efektifnya sebuah produk juga bisa terjadi karena salah pemakaian, dicampur-campur dengan produk lain dan masa pakainya sudah kadaluwarsa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar